Ads Top

Klasifikasi , ciri ciri dan habitat kuskus beruang endemik Indonesia


FINIA.ID- Kuskus Beruang adalah salah satu hewan endemik dari indonesia yang berasal dari anggota genus Ailurops. Kuskus Beruang adalah hewan marsupial dan dari keluarga Phalangeridae.


Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Infrakelas: Marsupialia
Ordo: Diprotodontia
Famili: Phalangeridae
Upafamili: Ailuropinae
Genus: Ailurops

Tipe spesies
Phalangista ursina

Species
Ailurops melanotis

Ailurops ursinus

Kuskus Beruang adalah marsupial arboreal yang hidup di kanopi hutan hujan tropis. Hampir tidak diketahui status dan keadaan ekologinya.Meskipun ilmuwan menggolongkan populasi ini kedalam satu spesies, yaitu , A. ursinus, atau melanotis, tetapi pada dasarnya Kuskus Beruang merupakan suatu spesies.Genus ini berbeda, meskipun pihak berwenang memasukan dalam subfamili, Ailuropinae.Kuskus Beruang hanya ditemukan di beberapa pulau di Indonesia, yang merupakan bagian dari Asia, yang sebagian besar marsupial tidak ditemukan di Asia. hanya dapat di jumai di indonesia.

Sebuah hipotesis menyatakan bahwa isolasi yang menyebabkan Kuskus Beruang ditemukan di Pulau Sulawesi yang terjadi pada waktu Miosen yang menyebabkan perbedaan dari keluarga Phalangeridae.Terdapat dua kelompok Kuskus beruang, yaitu Kuskus Beruang Talaud, Ailurops melanotis hewan endemik Pulau Salebabu di Kepulauan Talaud dan Kuskus Beruang Sulawesi, Ailurops ursinus yang dapat kita jumpai di pulau Sulawesi, Pulau Paleng, Pulau Muna, Pulau Buton, Pulau Togian.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.